STOP MOTION
Gerak henti (bahasa Inggris: stop motion atau stop frame) adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan difoto, menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frametersebut dimainkan secara berurutan berkelanjutan. Boneka dengan sendi yang dapat digerakan atau figur tanah liat sering digunakan dalam gerak henti karena alasan kemudahan meletakkannya kembali. Animasi gerak henti yang menggunakan tanah liat disebut animasi tanah liat atau clay mation.
http://id.wikipedia.org
Membuat Lirik Lagu Karaoke pada Video Menggunakan Adobe Premeire
- Buka Adobe Premiere, pilih New Project > DV-PAL > Standart 48 Khz.
Catatan: DV PAL merupakan system standart broadcast yang digunakan Indonesia. Jumlah frame perdetik (Fps) DV PAL terdiri dari 25 Frame. - Kemudian Import video dan lagu karaoke yang sudah disiapkan, pilih File > Import atau tekan Ctrl+I.
- Letakkan video dan lagu karaoke Anda ke lembar kerja.
- Selanjutnya buat teks/lirik dengan cara pilih Title > New Title > Default Still. Kemudian berikan nama pada kolom title. Catatan: Berikan nama judul teks dengan kata pertama pada bait lagu agar Anda tidak kebingunan saat memasukkan teks pada lembar kerja.
- Pilih teks dan tuliskan bait pertama lagu.
- Selanjutnya tempatkan teks atau lirik pada lembar kerja. Sesuaikan nada lagu dengan lirik lagu.
- Langkah berikutnya copy paste teks/lirik yang sudah Anda buat. Berikan warna yang berbeda pada teks/lirik ini. Catatan : Jangan ubah letak maupun besar kecilnya font yang sudah ada pada langkah ini karena akan mempengaruhi pada langkah-langkah selanjutnya.
- Masukkan copy-an teks/lirik kedalam lembar kerja. Taruhlah tepat diatas lirik sebelumnya.
- Cari Effect Crop pada tab effect pilih Video Effect > Transform > Crop. Kemudian drag n drop ke copy-an lirik.
- Atur Effect Crop pada tab Effect control. Pilih right dan atur penempatan keyframe dengan aturan keyframe awal 100% dan keyframe pada kata terakhir 0%.
- Untuk lirik pada bait-bait selanjutnya ulangi langkah 4 sampai 10.
http://bisakomputer.com
Merawat Kamera Video
Bagi anda yang bekerja di dunia perfileman atau pertelefisian Kamera video merupakan salah satu peralatan broadcast yang penting dalam pengambilan gambar agar kamera video yang anda pakai dapat mengambil gambar dengan baik tentunya di butuhkan perawatan yang baik, berikut ini ada beberapa tahap perawatan kamera anda:
1. Jangan tingalkan kaset di dalam kamera saat tidak digunakan. Kaset bisa menyebabkan gesekan pada head hal ini bisa mengakibatkan masalah pada proses merekam dan memutar.
2. Kalau bisa pergunakan kamera hanya untuk fasilitas record saja, capture gambar pakailah camcoder kecil (handycam) apalagi menggunakan fasilitas pemutar cepat (me-rewinder dan reverse) di kamera, Gesekan pita pada head saat rewinder membuat membuat tipis permukaan head juga dapat merontokan gigi mekanik kamera MD anda.
3. Jangan terlalu sering memakai fasilitas manual pada kamera, kecuali kalau memang benar-benar diperlukan soalnya bagian tombol pengaturan yang diputar dan ditekan itu gampang rusak.
4. Kalau terpaksa memakai kaset bekas MDV bekas, pakailah kaset yang bekas, tapi kondisi kaset tidak lembab. Kaset dengan pita yang lengket dapat membut pita kaset menempel pada bagian drum sehingga dapat merusak kaset dan dapat merusak video head.
5. Jangan meninggalkan baterai di dalam kamera saat tidak digunakan. Soalnya kamera masih menarik energi baterai dalam jumlah kecil, namun konstan sehinga dapat menghabiskan baterai.
6. Gunakan baterai kamera sampai benar-benar habis, jangan baterai belum habis (lowbatt) udah maen charge aja.
7. Simpanlah kamera ditempat yang hangat, tidak lembab, tidak membuat kamera kalau ditaruh dalam jangka waktu yang lama tidak terjadi pengaratan.
8. Belilah Tas yang empuk, tas yang direcomended untuk tas sejenis MD, jika terpaksa beli tas biasa, beli tas yang ukuran pas tidak kendor tidak ketat terus belilah bantal-bantalan ukuran atau bantalan khusus untuk bayi (balita) yang banyak dijual dipasar, untuk melindungi bagian-bagian sensitif kamera jika terjadi benturan.
9. Selalu jadwalkan untuk membersihkan body kamera, memakai sikat atau koas untuk membersihkan kamera dari partikel debu. Body oke harga jual kembali pasti bagus.
10. Rawat kamera Anda dengan menyerahkannya pada teknisi yang berpengalaman.
Perawatan semacam ini dapat membuat kamera Anda lebih tahan lama Yang harus diperhatikan dalam membeli kamera video adalah :
1. Cukup nyamankan anda memegang kamera tersebut
2. Apakah tersedia setting manual untuk fokus,aperture dan white balance
3. Berapa besar resolusi displaynya
4. Sebaik apakah image stabilizernya
5. Perlengkapan apa yang tersedia
6. Apakah diperlukan sebuah memory card untuk menyimpan foto
7. Apakah ada input analog dan digital
8. Apakah lensanya memiliki wide angle sejati
9. Apakah tersedia input untuk mikrophone dan headphone
10. Seberapa lama baterainya dapat bertahan
Bagaimana memilih Kamera Video dengan tepat perlu diperhatikan :
1. Teknologi Image Engine diantaranya LCD,CRT,LDP dan LCOS, pilihlah LCD
2. Resolusi SVGA,XVGA,SXGA dan UXGA, pilih resolusi yang tinggi SVGA
3. Brightness (pencahayaan) dengan ukuran ANSI Lumens, pilih dengan ANSI Lumens yang lebih besar
4. Koneksi mempengaruhi kualitas gambar VGA, RGB,RCA,S-Video,DVI, pilih yang paling lengkap
5. Ukuran (besar kecil) Kamera Video, pilih ukuran yang kecil
Sumber : http://kerockan.blogspot.com
Pengertian dan Jenis Processor
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
- Aritcmatics Logical Unit (ALU)
- Control Unit (CU)
- Memory Unit (MU)
Dimulai dari sini :
1971 : 4004 Microprocessor
Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.
1972 : 8008 Microprocessor
Pada tahun 1972 munculah microprocessor 8008 yang berkekuatan 2 kali lipat dari pendahulunya yaitu 4004.
1974 : 8080 Microprocessor
Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan
1978 : 8086-8088 Microprocessor
Sebuah penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.
1982 : 286 Microprocessor
Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.
1985 : Intel386™ Microprocessor
Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004
1989 : Intel486™ DX CPU Microprocessor
Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.
1993 : Intel® Pentium® Processor
Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto.
1995 : Intel® Pentium® Pro Processor
Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam.
1997 : Intel® Pentium® II Processor
Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik.
1998 : Intel® Pentium II Xeon® Processor
Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu.
1999 : Intel® Celeron® Processor
Processor Intel Celeron merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu.
1999 : Intel® Pentium® III Processor
Processor Pentium III merupakan processor yang diberi tambahan 70 instruksi baru yang secara dramatis memperkaya kemampuan pencitraan tingkat tinggi, tiga dimensi, audio streaming, dan aplikasi-aplikasi video serta pengenalan suara.
1999 : Intel® Pentium® III Xeon® Processor
Intel kembali merambah pasaran server dan workstation dengan mengeluarkan seri Xeon tetapi jenis Pentium III yang mempunyai 70 perintah SIMD. Keunggulan processor ini adalah ia dapat mempercepat pengolahan informasi dari system bus ke processor , yang juga mendongkrak performa secara signifikan. Processor ini juga dirancang untuk dipadukan dengan processor lain yang sejenis.
2000 : Intel® Pentium® 4 Processor
Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3.06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5GHz dengan formafactor pin 423, setelah itu intel merubah formfactor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1.3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3.4 GHz.
2001 : Intel® Xeon® Processor
Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.
2001 : Intel® Itanium® Processor
Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing ( EPIC ).
2002 : Intel® Itanium® 2 Processor
Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium
2003 : Intel® Pentium® M Processor
Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.
2004 : Intel Pentium M 735/745/755 processors
Dilengkapi dengan chipset 855 dengan fitur baru 2Mb L2 Cache 400MHz system bus dan kecocokan dengan soket processor dengan seri-seri Pentium M sebelumnya.
2004 : Intel E7520/E7320 Chipsets
7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.
2005 : Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.
2005 : Intel Pentium D 820/830/840
Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.
2006 : Intel Core 2 Quad Q6600
Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )
2006 : Intel Quad-core Xeon X3210/X3220
Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP)
7 KEAJAIBAN DUNIA KUNO
7 Keajaiban Dunia - Kali ini info-mini akan berbagi beberapa informasi mengenai keajaiban yang ada di dunia. Mungkin dari anda ada yang belum tahu tentang informasi yang akan saya sajikan kali ini karena informasi ini berasal dari luar indonesia. Langsung saja 7 keajaiban dunia kuno sebagai berikut :
1. Colossus Rodos
Colossus rodos yaitu patung helios, yang terdapat di pulau rodos, yunani, dibikin oleh chares dari lindos pada 292 serta 280 sm. patung ini dikira sebagai 7 keajaiban dunia kuno. sebelum saat kehancurannya, patung ini berdiri kian lebih 30 mtr., membuatnya sebagai patung paling tinggi didalam dunia kuna. colossus rodos mempunyai tinggi yang nyaris sama juga dengan patung liberty.
2. Taman Gantung Babilonia
Taman gantung babilonia yaitu di antara diantara tujuh keajaiban dunia kuno. taman ini dibangun oleh nebukadnezar ii lebih kurang th. 600 sm sebagai hadiah untuk istrinya, amyitis. lokasi taman ini saat ini ada di negara irak.
3. Mausoleum Maussollos
Mausoleum maussollos atau mausoleum halicarnassus, yaitu makam yang dibangun pada 353 serta 350 sm di halicarnassus ( bodrum, turki saat ini ) untuk mausolus, satrap kekaisaran persia serta artemisia ii dari caria, istrinya. susunan ini didesain oleh arsitek yunani, satyrus serta pythius. 12 mausoleum ini mempunyai tinggi lebih kurang 45 mtr.
4. Mercusuar Iskandariah
Mercusuar iskandariah atau pharos alexandria ( dari bhs yunani o Φ ;ά ;ρ ;ο ;ς ; τ ;η ;ς ; Α ;λ ;ε ;ξ ;ά ;ν ;δ ;ρ ;ε ;ι ;α ;ς ; ) yaitu sesuatu mercusuar yang dibangun pada abad ke-3 sm di pulau pharos berdekatan dengan kota iskandariah kuna, mesir kuno. ketinggiannya diperkirakan melebihi 115 mtr. serta adalah pada susunan paling tinggi ciptaan manusia sepanjang beratus-ratus th.. antipater dari sidon sudah menyenaraikannya didalam senarai tujuh keajaiban dunianya.
5. Piramida Agung Giza
Piramida agung giza yaitu piramida tertua serta terbesar dari tiga piramida yang ada di nekropolis giza serta adalah hanya satu bangunan yang tetap jadi sisi dari tujuh keajaiban dunia. diakui bahwa piramida ini dibangun sebagai makam untuk firaun dinasti keempat mesir, khufu ( Χ ;ε ;ω ;ψ ;, cheops ) serta dibangun sepanjang kian lebih 20 th. serta diperkirakan berjalan pada lebih kurang th. 2560 sm. 1. piramida ini kadang-kadang dikatakan sebagai piramida khufu
6. Patung Zeus
Patung zeus di olympia yaitu di antara dari tujuh keajaiban dunia kuno. patung ini dibikin oleh skulptor populer, phidias ( abad ke-5 sm ) kurang lebih th. 432 sm di olympia, yunani. patung yang terduduk, yang mempunyai tinggi lebih kurang 12 mtr., isi semua kuil zeus yang dibangun sebagai tempat tinggal patung ini. pemicu kehancuran patung ini sampai saat ini tetap diperdebatkan.
7. Kuil Artemis
Kuil artemis yaitu kuil yunani yang didirikan untuk artemis, lebih kurang 550 sm di efesus di bawah dinasti achaemenid dari kekaisaran persia. kuil ini adalah di antara dari tujuh keajaiban dunia kuno. saat ini, kuil ini sudah hancur.
Itulah beberapa informasi mengenai 7 keajaiban dunia. Bila anda ingin mengetahui lebih banyak lagi info-info keajaiban dunia, sediakan waktu anda untuk berkunjung ke info-mini.blogspot.com setiap hari, karena info-mini akan menyediakan beragam berita yang bermanfaat untuk anda.
http://info-mini.blogspot.com/
7 Pulau Paling Berbahaya di Dunia
Pulau pulau berikut ini dinyatakan sebagai pulau paling berbahaya sangking berbahayanya pulau pulau berikut sampai ditingalkan penduduknya nah kamu ingin tahu kenapa pulau berikut dinyatakan sebagai pulau berbahaya simak 7 Pulau Paling Berbahaya di Dunia berikut ini seperti di kutip dari detik.com.
1. Pulau Ilha da Queimada, Brasil
Ilha da Queimada, atau lebih dikenal dengan nama Snake Island terletak di lepas pantai Brasil. Pulau ini merupakan habitat ribuan ular jenis golden lancehead viper. Golden lancehead viper merupakan jenis ular paling mematikan.
Dipercaya ada 5 ekor ular di setiap meter perseginya. Selama bertahun-tahun, pulau ini hanya dihuni oleh seorang penjaga mercusuar. Namun saat ini Angkatan Laut Brasil telah melarang semua warga sipil untuk mendatangi pulau tersebut.
2. Pulau Miyake-jima, Jepang
Di pulau Miyake-jima Jepang, terdapat gunung berapi aktif, Oyama. Setelah ledakan terbarunya yang terjadi pada tahun 2005, gunung berapi ini terus menerus mengeluarkan gas beracun sehingga seluruh warganya dievakuasi.
Semakin lama, sumber keluarnya gas beracun tidak hanya berada di gunung Oyama tapi menyebar ke seluruh area pulau. Meski begitu, masih banyak wisatawan yang datang ke pulau tersebut. Mereka pun diwajibkan mengenakan masker.
3. Pulau Saba, Belanda
Menurut website Jaringan Karibia, pulau Saba adalah pulau kecil yang terletak di Karabia. Pulau ini memiliki gunung berapi yang berpotensi aktif, yakni Gunung Mount Scenery.
Pulau ini berbahaya karena memiliki potensi badai yang besar. Pulau Saba telah dilanda badai besar dalam 150 tahun terakhir. Termasuk di antaranya 15 badai kategori tiga.
4. Pulau Bikini, Republik Kepulauan Marshal
Pulau ini menjadi bahaya karena dua alasan yaitu radiasi nuklir dan hiu. Pulau ini pernah menjadi tempat untuk percobaan nuklir pada tahun 1946 hingga 1958. Sepanjang waktu itu terjadi lebih dari 20 ledakan nuklir yang memiliki radiasi tinggi. Meski pada tahun 1997, pulau ini telah dinyatakan aman, para warga menolak untuk kembali.
Selain radiasi nuklir, perairan di pulau ini menjadi habitat ratusan ekor hiu yang berbahaya.
5. Pulau Gruinard, Scotland
Pulau Gruinard, Skotlandia pernah digunakan oleh pemerintah Inggris untuk melakukan percobaan senjata biologi perang Dunia II. Percobaan tersebut mengakibatkan munculnya bakteri anthrax yang membunuh ratusan domba sehingga pulau ini dikarantina. Pulau ini terkontaminasi pada tahun 1980-an.
6. Pulau Farallon (AS)
Antara tahun 1946 dan 1970, perairan di sekitar pulau ini menjadi tempat pembuangan sampah radioaktif. Diperkirakan terdapat 47.500 drum baja sampah radioaktif yang dibuang di pulau ini. Selain itu, perairan di pulau ini juga merupakan habitat hiu putih raksasa yang terkenal ganas. Bahaya-bahaya tersebut yang menjadikan pulau ini ditinggalkan oleh penghuninya dan tak pernah ada orang yang berani mendatanginya lagi.
7. Pulau Ramree
Pulau Ramree yang terletak di Myanmar ini merupakan habitat buaya air asin yang mematikan dan juga nyamuk malaria. Pulau ini menjadi lokasi perang yang mencekam saat Perang Dunia II.
Para tentara banyak tewas bukan karena serangan militer akan tetapi akibat diserang buaya air asin. Hingga kini, ratusan buaya ganas itu masih mendiami pulau tersebut.
http://onthespot7langka.blogspot.com
7 Presiden Dunia Pembasmi Korupsi
Korupsi bukan hanya banyak di Indonesia namun korupsi saat ini sudah menjadi penyakit di seluruh dunia. Banyaknya kasus korupsi yang terjadi di setiap negara membuat rakyat yang ada di negara tersebut sengsara uang rakyat yang seharusnya di gunakan untuk pembangunan bangsa dan negara harus dikorupsi oleh sebagaian orang yang tidak bertangung jawab. Untuk memberantas korupsi perlu tindakan tegas presiden sebagai pemimpin tertinggi bangsa untuk menumpas para koruptor yang merugikan negara. Nah berikut ini ada beberapa presiden di dunia yang sangat tegas dan berani dalam memberantas korupsi. Ingin tahu presiden siapa saja itu simak 5 Presiden di Dunia Pembasmi Korupsi berikut ini.
1. Felipe Calderon (Meksiko)
Ini dia presiden paling tegas memberantas korupsi di negaranya. Felipe Calderon memecat lebih dari 4.500 anggota polisi Meksiko sebab terkait rasuah, penyalahgunaan jabatan, dan kejahatan terorganisasi.
Langkah ini diambilnya sejak dua tahun lalu sampai sekarang. Namun sayang, bulan depan masa jabatannya bakal berakhir. Padahal masih banyak kasus korupsi perlu ditangani. Menurut Indeks Persepsi Korupsi versi Transparency International, Meksiko masih berada di peringkat seratus bersama Indonesia, Argentina, Gabon, Madagascar, Malawi, Suriname, dan lain-lain, dengan nilai 3,0.
2. Ellen Johnson Sirleaf
Ini presiden perempuan paling garang dalam memberantas korupsi. Ellen Johnson Sirleaf bahkan memecat anaknya sendiri bersama 45 pejabat negara lain sebab tidak menyerahkan daftar kekayaan pada komisi antirasuah. Mereka tidak boleh kembali menjabat bila belum memberikan deretan penghasilan diperoleh dan darimana sumbernya.
Menurut Indeks Persepsi Korupsi versi Transparency International Liberia ada di peringkat 91. Itu artinya, penanganan korupsi di negara ini masih lebih baik ketimbang Indonesia.
3. Ollanta Humala (Peru)
Baru menjabat tahun lalu, Presiden Peru Ollanta Humala langsung membuat hantaman besar di lembaga kepolisian. Dia memecat 30 dari 45 jenderal polisi, termasuk Kepala Kepolisian Raul Bacerra. Bacerra digantikan Jenderal Raul Salazar. Berdua saling membahu memberhentikan sepihak mereka mencuri uang negara satu sol atau lebih. Sol merujuk pada mata uang Peru.
Berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi versi Transparency International negara di Amerika Latin itu menduduki peringkat 80, dengan skor 3,4.
4. Lee Myung Bak (Korea Selatan)
Tahun lalu, Presiden Korea Selatan Lee Myung Bak memerintahkan kepolisian untuk menangkap kakaknya sendiri, Lee Sang Deuk, duduk menjadi anggota parlemen Negeri Ginseng itu.
Deuk dituduh menerima suap Rp 4,9 miliar dari direktur dua bank bermasalah. Uang itu diterima Deuk kurun waktu 2007-2011 sebagai imbalan sebab dia membantu para pimpinan bank itu menghindar dari audit bank sentral negara itu.
Kejadian menimpa kakak Myung Bak, membuat presiden itu berkali-kali memohon ampunan rakyat Korea Selatan lewat media. Hingga kini kasus Deuk masih dalam penyelidikan.
5. Benigno Aquino III (Filipina)
Presiden Filipina Benigno Aquino III dan jajarannya ada di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memerintahkan penahanan Mantan Presiden Gloria Macapagal Arroyo sebab penyalahgunaan dana lotere nasional sebesar Rp 84 miliar.
Aquino juga memecat sembilan orang pejabat di kantor lotere nasional. Jika terbukti benar, Arroyo dan kroninya bajak menjalani hukuman penjara seumur hidup tanpa ada kemungkinan bebas meski dengan jaminan.
http://onthespot7langka.blogspot.com
7 Pemain Bola yang Paling Suka Merokok
Pemain bola berikut ini sangat menyukai rokok padahal seperti yang kita ketahui rokok bisa merusak paru paru yang akan menggangu pernapasan. Sebagai pemain bola memiliki pernapasan yang baik merupakan hal yang harus dimiliki agar performa permainan para pemain bola bisa baik dilapangan. Namu pemain bola berikut ini walaupun perokok berat yang bisa menghabiskan banyak rokok namun kehebatanya dilapangan tidak diragukan lagi dan merkea tidak tergangu sekali dengan rokok. Kalian ingin tahu siapa saja mereka simak 5 Pemain Bola Paling Suka Merokok berikut ini.
1. Dario Hubner
dario adalah mantan penyerang klub Italia Piacenza yang terkenal dengan rambut kribonya. Salah satu kandidat top skorer Seri A musim 2000/2001 itu ternyata seorang perokok berat. Dia mampu menghabiskan dua bungkus rokok dalam sehari.
2. Francesco Coco
Coco terpaksa harus pensiun dini dari dunia sepakbola pada 2007 silam. Kontrak Coco diputus sepihak oleh AC Milan dengan alasan masalah kesehatan. Coco sempat berlatih di Manchester City. Namun, City tak jadi menggunakan jasanya karena ketahuan merokok di lapangan.
3. Teddy Sheringham.
Mantan penyerang kawakan Manchester United dan Timnas Inggris itu bermasalah dengan Federasi Sepakbola Inggris (FA) karena sering ketahuan merokok di klub malam.
4. Diego Armando Maradona.
Legenda Argentina ini memang dikenal ‘brutal’ pada masa lalunya. Narkoba dan alkohol menjadi sesuatu yang akrab baginya. Di tahun 2004, Maradona menghabiskan waktu selama 10 hari, di sebuah tempat rehablitasi untuk menyembuhkan ketergantungan rokoknya.
5. Johan Cruyff.
Legenda Belanda Johan Cruyff pun sama. Meski dikenal hebat saat menjadi pemain dan pelatih, Cruyff ketahuan merokok 20 batang sehari saat ia pertama kali melatih Barcelona. Tapi kini, Cruyff menjadi duta anti rokok, di Catalunya, Spanyol.
http://onthespot7langka.blogspot.com
7 Pesawat Mata-Mata Paling Canggih
Pesawat mata mata diciptakaan untuk mengintai dan mendeteksi keberadan musuh serta untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam sebuah oprasi militer, biasanya pesawat mata dibuat tampa awak alias dikendalikan dari jarak jauh hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko tertangkapnya mata mata yang dapat membocorkan semua rahasia penting. Nah berikut ini ada beberapa pesawat mata mata cangih ingin tahu pesawat apa aja itu simak 5 pesawat mata mata paling cangih berikut ini.
1. General Atomics MQ-9 Reaper
Turboprop MQ-9 adalah UAV pemburu-pembunuh pertama yang didesain untuk daya jelajah jauh dan kemampuan terbang sangat tinggi. Dalam mode pembunuh UAV ini dapat membawa rudal udara ke darat, Hellfire, hingga 14 buah, atau campuran antara rudal Hellfire dan bom dengan pemandu laser. Senjata-senjata tersebut di kendalikan oleh seorang pilot yang berada di pusat pengendali.
Turboprop MQ-9 memiliki kecepatan maksimum 300 mph, mampu terbang sampai ketinggian 50.000 kaki dan mampu terbang dalam waktu 14 dengan beban penuh. Berat pesawat saat lepas landas adalah 10.500 pound (5.250 kg) dengan bentangan sayap selebar 66 kaki (22m).
Sebagai perbandingan, pesawat tempur dengan berawak seperti F-16, mempunyai berat maksimum saat lepas landas sebesar 42.000 pound (21 ton). Keunggulan The Reaper yang lain adalah kemampuannya di program untuk terbang secara mandiri, di mana pesawat tempur berawak harus selalu di pantau dari pangkalan. tetapi pesawat selalu dipantau atau dikontrol oleh aircrew tanah.
Pesawat UAV pendahulunya adalah General Atomic’s QM-1 Predator, yang katanya telah membuat hancur Thaliban di Afghanistan.
2. Lockheed Martin RQ-170 Sentinel
UAV ini dikembangkan oleh Skunk Works milik Lockheed Martin yang telah menghasilkan pesawat mata-mata U-2, SR-71 dan pesawat siluman F-117. Seperti halnya F-117, RQ-170 Sentinel merupakan “sayap terbang” atau lebih tepatnya jet stealth UAV.
Mendapat julukan sebagai “Beast of Kandahar” setelah terlihat di pangkalan udara Kandahar, Afghanistan, namun sangat sedikit yang diketahui tentang pesawat ini. Menurut majalah Aviation Week memperkirakan, RQ-170 Sentinel memiliki lebar sayap 66 kaki dan berat lepas landas dari 8500 pound.
Pihak AU AS sendiri enggan menjelaskan keberadaan UAV ini, hanya mengatakan bahwa RQ-170 akan langsung mendukung kebutuhan intelijen pada pertempuran : pengawasan dan pengintaian target (surveillance and reconnaissance).
3. Northrop Grumman Global Hawk RQ-4
UAV buatan Northrop Grumman ini memiliki rentang sayap 116 kaki dengan berat maksimum saat lepas landas 26.750 pound, hal ini menjadikan RQ-4 sebagai UAV terbesar yang telah beroperasi saat ini.
Q adalah sebutan Departemen Pertahanan bagi sistem pesawat tak berawak. RQ-4 Global Hawk memiliki kemampuan terbang tinggi dan jarak tempuh yang jauh. UAV ini di operasikan untuk menyediakan data intelijen, pengawasan dan pengintaian di medan perang di seluruh dunia, namun dapat juga di gunakan pada misi selain perang.Selain itu, UAV ini juga sanggup beroperasi di hampir semua kondisi cuaca, baik siang maupun malam dan diproyeksikan akan menggantikan pesawat mata-mata U-2. UAV ini dapat terbang hingga ketinggian 60.000 kaki dan dikendalikan dari pusat kendali oleh tiga orang kru : pilot peluncur dan pengendali, pilot pengendali misi dan seorang operator sensor.
4. AAI Corporation RQ-7 Shadow
Tidak seperti kebanyakan UAV, yang lepas landas dan mendarat di landasan pacu seperti pesawat biasa. RQ-7 Shadow diluncurkan ke udara hingga ketinggian 30 kaki dengan menggunakan peluncur hidrolik dan ketika mendarat ia harus mengait sebuah mekanisme penghenti seperti yang di lakukan pesawat tempur ketika mendarat di atas kapal induk
RQ-7 di operasikan oleh AD dan Korps Marinir AS, bertugas mengirimkan full-motion video, baik siang maupun malam hari dengan jarak hingga 75 mil. UAV ini dapat melayang selama sembilan jam, memiliki kecepatan jelajah 90 knot dan dapat mencapai ketinggian 15.000 kaki. RQ-7 di dorong oleh baling-baling yang gerakkan oleh mesin berbahan bakar bensin, secara keseluruhan memiliki berat 460 pound dengan bentangan sayap sepanjang 20 kaki.
5. AeroVironment Puma-AE
Puma-AE (AE= all environment / segala medan) dirancang untuk operasi di darat dan di laut, sehingga mampu mendarat di tanah atau di air laut
7 Presiden Dunia Pembasmi Korupsi
Korupsi bukan hanya banyak di Indonesia namun korupsi saat ini sudah menjadi penyakit di seluruh dunia. Banyaknya kasus korupsi yang terjadi di setiap negara membuat rakyat yang ada di negara tersebut sengsara uang rakyat yang seharusnya di gunakan untuk pembangunan bangsa dan negara harus dikorupsi oleh sebagaian orang yang tidak bertangung jawab. Untuk memberantas korupsi perlu tindakan tegas presiden sebagai pemimpin tertinggi bangsa untuk menumpas para koruptor yang merugikan negara. Nah berikut ini ada beberapa presiden di dunia yang sangat tegas dan berani dalam memberantas korupsi. Ingin tahu presiden siapa saja itu simak 5 Presiden di Dunia Pembasmi Korupsi berikut ini.
1. Felipe Calderon (Meksiko)
Ini dia presiden paling tegas memberantas korupsi di negaranya. Felipe Calderon memecat lebih dari 4.500 anggota polisi Meksiko sebab terkait rasuah, penyalahgunaan jabatan, dan kejahatan terorganisasi.
Langkah ini diambilnya sejak dua tahun lalu sampai sekarang. Namun sayang, bulan depan masa jabatannya bakal berakhir. Padahal masih banyak kasus korupsi perlu ditangani. Menurut Indeks Persepsi Korupsi versi Transparency International, Meksiko masih berada di peringkat seratus bersama Indonesia, Argentina, Gabon, Madagascar, Malawi, Suriname, dan lain-lain, dengan nilai 3,0.
2. Ellen Johnson Sirleaf
Ini presiden perempuan paling garang dalam memberantas korupsi. Ellen Johnson Sirleaf bahkan memecat anaknya sendiri bersama 45 pejabat negara lain sebab tidak menyerahkan daftar kekayaan pada komisi antirasuah. Mereka tidak boleh kembali menjabat bila belum memberikan deretan penghasilan diperoleh dan darimana sumbernya.
Menurut Indeks Persepsi Korupsi versi Transparency International Liberia ada di peringkat 91. Itu artinya, penanganan korupsi di negara ini masih lebih baik ketimbang Indonesia.
3. Ollanta Humala (Peru)
Baru menjabat tahun lalu, Presiden Peru Ollanta Humala langsung membuat hantaman besar di lembaga kepolisian. Dia memecat 30 dari 45 jenderal polisi, termasuk Kepala Kepolisian Raul Bacerra. Bacerra digantikan Jenderal Raul Salazar. Berdua saling membahu memberhentikan sepihak mereka mencuri uang negara satu sol atau lebih. Sol merujuk pada mata uang Peru.
Berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi versi Transparency International negara di Amerika Latin itu menduduki peringkat 80, dengan skor 3,4.
4. Lee Myung Bak (Korea Selatan)
Tahun lalu, Presiden Korea Selatan Lee Myung Bak memerintahkan kepolisian untuk menangkap kakaknya sendiri, Lee Sang Deuk, duduk menjadi anggota parlemen Negeri Ginseng itu.
Deuk dituduh menerima suap Rp 4,9 miliar dari direktur dua bank bermasalah. Uang itu diterima Deuk kurun waktu 2007-2011 sebagai imbalan sebab dia membantu para pimpinan bank itu menghindar dari audit bank sentral negara itu.
Kejadian menimpa kakak Myung Bak, membuat presiden itu berkali-kali memohon ampunan rakyat Korea Selatan lewat media. Hingga kini kasus Deuk masih dalam penyelidikan.
5. Benigno Aquino III (Filipina)
Presiden Filipina Benigno Aquino III dan jajarannya ada di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memerintahkan penahanan Mantan Presiden Gloria Macapagal Arroyo sebab penyalahgunaan dana lotere nasional sebesar Rp 84 miliar.
Aquino juga memecat sembilan orang pejabat di kantor lotere nasional. Jika terbukti benar, Arroyo dan kroninya bajak menjalani hukuman penjara seumur hidup tanpa ada kemungkinan bebas meski dengan jaminan.
http://onthespot7langka.blogspot.com
7 Pemain Bola yang Paling Suka Merokok
Pemain bola berikut ini sangat menyukai rokok padahal seperti yang kita ketahui rokok bisa merusak paru paru yang akan menggangu pernapasan. Sebagai pemain bola memiliki pernapasan yang baik merupakan hal yang harus dimiliki agar performa permainan para pemain bola bisa baik dilapangan. Namu pemain bola berikut ini walaupun perokok berat yang bisa menghabiskan banyak rokok namun kehebatanya dilapangan tidak diragukan lagi dan merkea tidak tergangu sekali dengan rokok. Kalian ingin tahu siapa saja mereka simak 5 Pemain Bola Paling Suka Merokok berikut ini.
1. Dario Hubner
dario adalah mantan penyerang klub Italia Piacenza yang terkenal dengan rambut kribonya. Salah satu kandidat top skorer Seri A musim 2000/2001 itu ternyata seorang perokok berat. Dia mampu menghabiskan dua bungkus rokok dalam sehari.
2. Francesco Coco
Coco terpaksa harus pensiun dini dari dunia sepakbola pada 2007 silam. Kontrak Coco diputus sepihak oleh AC Milan dengan alasan masalah kesehatan. Coco sempat berlatih di Manchester City. Namun, City tak jadi menggunakan jasanya karena ketahuan merokok di lapangan.
3. Teddy Sheringham.
Mantan penyerang kawakan Manchester United dan Timnas Inggris itu bermasalah dengan Federasi Sepakbola Inggris (FA) karena sering ketahuan merokok di klub malam.
4. Diego Armando Maradona.
Legenda Argentina ini memang dikenal ‘brutal’ pada masa lalunya. Narkoba dan alkohol menjadi sesuatu yang akrab baginya. Di tahun 2004, Maradona menghabiskan waktu selama 10 hari, di sebuah tempat rehablitasi untuk menyembuhkan ketergantungan rokoknya.
5. Johan Cruyff.
Legenda Belanda Johan Cruyff pun sama. Meski dikenal hebat saat menjadi pemain dan pelatih, Cruyff ketahuan merokok 20 batang sehari saat ia pertama kali melatih Barcelona. Tapi kini, Cruyff menjadi duta anti rokok, di Catalunya, Spanyol.
http://onthespot7langka.blogspot.com
7 Pesawat Mata-Mata Paling Canggih
Pesawat mata mata diciptakaan untuk mengintai dan mendeteksi keberadan musuh serta untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam sebuah oprasi militer, biasanya pesawat mata dibuat tampa awak alias dikendalikan dari jarak jauh hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko tertangkapnya mata mata yang dapat membocorkan semua rahasia penting. Nah berikut ini ada beberapa pesawat mata mata cangih ingin tahu pesawat apa aja itu simak 5 pesawat mata mata paling cangih berikut ini.
1. General Atomics MQ-9 Reaper
Turboprop MQ-9 adalah UAV pemburu-pembunuh pertama yang didesain untuk daya jelajah jauh dan kemampuan terbang sangat tinggi. Dalam mode pembunuh UAV ini dapat membawa rudal udara ke darat, Hellfire, hingga 14 buah, atau campuran antara rudal Hellfire dan bom dengan pemandu laser. Senjata-senjata tersebut di kendalikan oleh seorang pilot yang berada di pusat pengendali.
Turboprop MQ-9 memiliki kecepatan maksimum 300 mph, mampu terbang sampai ketinggian 50.000 kaki dan mampu terbang dalam waktu 14 dengan beban penuh. Berat pesawat saat lepas landas adalah 10.500 pound (5.250 kg) dengan bentangan sayap selebar 66 kaki (22m).
Sebagai perbandingan, pesawat tempur dengan berawak seperti F-16, mempunyai berat maksimum saat lepas landas sebesar 42.000 pound (21 ton). Keunggulan The Reaper yang lain adalah kemampuannya di program untuk terbang secara mandiri, di mana pesawat tempur berawak harus selalu di pantau dari pangkalan. tetapi pesawat selalu dipantau atau dikontrol oleh aircrew tanah.
Pesawat UAV pendahulunya adalah General Atomic’s QM-1 Predator, yang katanya telah membuat hancur Thaliban di Afghanistan.
2. Lockheed Martin RQ-170 Sentinel
UAV ini dikembangkan oleh Skunk Works milik Lockheed Martin yang telah menghasilkan pesawat mata-mata U-2, SR-71 dan pesawat siluman F-117. Seperti halnya F-117, RQ-170 Sentinel merupakan “sayap terbang” atau lebih tepatnya jet stealth UAV.
Mendapat julukan sebagai “Beast of Kandahar” setelah terlihat di pangkalan udara Kandahar, Afghanistan, namun sangat sedikit yang diketahui tentang pesawat ini. Menurut majalah Aviation Week memperkirakan, RQ-170 Sentinel memiliki lebar sayap 66 kaki dan berat lepas landas dari 8500 pound.
Pihak AU AS sendiri enggan menjelaskan keberadaan UAV ini, hanya mengatakan bahwa RQ-170 akan langsung mendukung kebutuhan intelijen pada pertempuran : pengawasan dan pengintaian target (surveillance and reconnaissance).
3. Northrop Grumman Global Hawk RQ-4
UAV buatan Northrop Grumman ini memiliki rentang sayap 116 kaki dengan berat maksimum saat lepas landas 26.750 pound, hal ini menjadikan RQ-4 sebagai UAV terbesar yang telah beroperasi saat ini.
Q adalah sebutan Departemen Pertahanan bagi sistem pesawat tak berawak. RQ-4 Global Hawk memiliki kemampuan terbang tinggi dan jarak tempuh yang jauh. UAV ini di operasikan untuk menyediakan data intelijen, pengawasan dan pengintaian di medan perang di seluruh dunia, namun dapat juga di gunakan pada misi selain perang.Selain itu, UAV ini juga sanggup beroperasi di hampir semua kondisi cuaca, baik siang maupun malam dan diproyeksikan akan menggantikan pesawat mata-mata U-2. UAV ini dapat terbang hingga ketinggian 60.000 kaki dan dikendalikan dari pusat kendali oleh tiga orang kru : pilot peluncur dan pengendali, pilot pengendali misi dan seorang operator sensor.
4. AAI Corporation RQ-7 Shadow
Tidak seperti kebanyakan UAV, yang lepas landas dan mendarat di landasan pacu seperti pesawat biasa. RQ-7 Shadow diluncurkan ke udara hingga ketinggian 30 kaki dengan menggunakan peluncur hidrolik dan ketika mendarat ia harus mengait sebuah mekanisme penghenti seperti yang di lakukan pesawat tempur ketika mendarat di atas kapal induk
RQ-7 di operasikan oleh AD dan Korps Marinir AS, bertugas mengirimkan full-motion video, baik siang maupun malam hari dengan jarak hingga 75 mil. UAV ini dapat melayang selama sembilan jam, memiliki kecepatan jelajah 90 knot dan dapat mencapai ketinggian 15.000 kaki. RQ-7 di dorong oleh baling-baling yang gerakkan oleh mesin berbahan bakar bensin, secara keseluruhan memiliki berat 460 pound dengan bentangan sayap sepanjang 20 kaki.
5. AeroVironment Puma-AE
Puma-AE (AE= all environment / segala medan) dirancang untuk operasi di darat dan di laut, sehingga mampu mendarat di tanah atau di air laut
http://onthespot7langka.blogspot.com.
Teks berupa animasi umumnya digunakan pada introduksi atau opening title juga sub title di dalam sebuah video. Salah satu fungsinya untuk mendeskripsikan atau mempresentasikan sebagian atau keseluruhan dari video yang ditayangkan, selain juga tentunya untuk mempercantik.
Walaupun ini termasuk tutorial Animasi dasar dari After Effect, tapi tidak akan terlalu jauh untuk menjelaskan fungsi-fungsi tools beserta cara penggunaan secara mendetail, karena hal itu sudah dibahas di sini
Sebelum memulai, sediakan segelas kopi panas dengan diiringi lantunan musik jika memang diperlukan untuk merilekskan suasana :)
Ok, langsung saja saya mencoba berbagi Langkah - Langkah praktisnya dalam membuat Teks Animasi di Adobe After Effect
1. Buka Program / Aplikasi After Effectnya di Laptop atau PC anda, bro.
2. Lalu buat composition baru, dengan mengklik icon “New Composition” seperti terlihat pada gambar di bawah :
3. Untuk memudahkan dalam pengingatan nantinya, Anda bisa mengganti “Composition Name” dengan nama sesuai proyek.
4. Jika Anda kesulitan menempatkan keserasian dan keseimbangan teks, Anda bisa menggunakan Title / Action Safe sebagai alat bantunya, seperti terlihat pada gambar di bawah :
5. Setelah itu, klik Teks Tool, dan tuliskan teks yang diinginkan, atur juga seperti tipe teks yang dipakai dan ukuran huruf beserta perpaduan warnanya.
Sebagai contoh, di sini saya menggunakan teks “ILMUGRAFIS.COM SEMOGA BERMANFAAT”
Silakan buat tulisan / teks sesuai yang Anda mau, jangan terpatok dengan yang ada di tutorial
6. Setelah hal itu dilakukan, tibalah kita pada bagian membuat efek animasinya yaitu dengan menggunakan fasilitas “Effects dan Presents” yang berada di Pallete (sebelah kanan), kemudian pada bagian Contain ketik “decorder”
Nanti akan muncul “Decorder Fade In.” Silakan drag “Decorder Fade In” ke kiri menuju ke bagian layer text, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
7. Setelah itu, bisa langsung dilihat (direview) hasilnya dengan mengklik tombol “Play” Pada Time Controls, atau juga menggeser indicator di bagian timeline ke kanan.
8. Langkah terakhir, setelah yakin dengan hasil karya Anda, maka sekarang kita sampai ke tahap me-render (finishing), caranya dengan klik Composition > Make Movie… yang berada di Tool Bar lalu klik“Render”
9. Tunggu sampai proses render selesai, sambil menunggu, kopinya disruput lagi gan sebelum keburu dingin :)
TEKNOLOGI JARINGAN
Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap
perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di
dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu
jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung
dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya
perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa
tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet
berlipat ganda.
Jaringan komputer
1. Pengertian
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan
peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui
kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat
saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan
bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan
jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan
Lisensi Dokumen:
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan
secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau
merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen.
Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu
dari IlmuKomputer.Com.
jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua,
puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang
saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi
sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau
memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer
yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel,
saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.
2. Jenis-Jenis jaringan
Ada 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :
a. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif
kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah
perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak
jauh dari sekitar 1 km persegi.
Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di
jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan
perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun
sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-
komputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer
yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut
dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah
dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya
selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media
kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer
lainnya.
b. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan
Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN,
misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan
menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam
lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank
dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota
besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.
Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau
Surabaya.
c. Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar
Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya
biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut
sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia
ataupun yang ada di Negara-negara lain.
Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung
bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya
dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat
kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara
LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi
bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak
berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda
satu diantara yang lainnya.
3. Protokol
Protokol adalah aturan-aturan main yang mengatur komunikasi
diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk
di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses
sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data.
Protokol-Protokol yang dikenal adalah sebagai berikut :
1. Ethernet
2. Local Talk
3. Token Ring
4. FDDI
5. ATM EthernetProtocol Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak digunakan,
Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense
Multiple Access/Collision Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap
komputer memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan
sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas atau bersih komputer
akan mentransmisikan data, jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan
menunggu dan akan mencoba kembali transmisi jika jaringan telah bersih.
kadangkala dua buah komputer melakukan transmisi pada saat yang sama, ketika
hal ini terjadi, masing-masing komputer akan mundur dan akan menunggu
kesempatan secara acak untuk mentransmisikan data kembali. metode ini dikenal
dengan koalisi, dan tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari
network.
Protokol Ethernet dapat digunakan untuk pada model jaringan Garis
lurus , Bintang, atau Pohon . Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted
pair, koaksial, ataupun kabel fiber optic pada kecepatan 10 Mbps.
LocalTalkLocalTalk adalah sebuh protokol network yang di kembangkan oleh Apple
Computer, Inc. untuk mesin-mesin komputer Macintosh . Metode yang digunakan
oleh LocalTalk adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision
Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD.. Adapter LocalTalk dan cable
twisted pair khusus dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer
melewati port serial. Sistem Operasi Macintosh memungkinkan koneksi secara
jaringan peer-to-peer tanpa membutuhkan tambahan aplikasi khusus
Protokol LocalTalk dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus ,
Bintang , ataupun model Pohon dengan menggunakan kabel twisted pair .
Kekurangan yang paling mencolok yaitu kecepatan transmisinya. Kecepatan
transmisinya hanya 230 Kbps.Token RingProtokol Token di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980.
Metode Aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti
Cincin . Dalam lingkaran token, komputer-komputer dihubungkan satu dengan
yang lainnya seperti sebuah cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar dalam
sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah
komputer-menuju ke komputer berikutnya, jika pada persinggahan di salah satu
komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya
ke tempat dimana data itu ingin ditujukan, token bergerak terus untuk saling
mengkoneksikan diantara masing-masing komputer.
Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan
menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optic . Dan dapat melakukan
kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Sejalan dengan perkembangan
Ethernet, penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang.FDDIFiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah Protokol jaringan
yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh
. Metode aksesnyayang digunakan oleh FDDI adalah model token . FDDI
menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi baiasanya
menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara
otomatis menggunakan ring yang kedua.
Sebuah keuntungan dari FDDI adalah kecepatan dengan menggunakan fiber optic cable pada kecepatan 100 Mbps. ATMATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode (ATM) yaitu
sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau
lebih . ATM mentarnsmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang
lain mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media
seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang
, dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair . ATM pada
umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN . dia juga banyak
dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan
akses Internet untuk klien mereka. Kesimpulan untuk Protokol :Protokol yang di pakai Kabel yang digunakan Kecepatan Transfer Topology Fisik
Ethernet
Twisted Pair, Coaxial,
Fiber
10 Mbps
Linear Bus, Star,
Tree
Fast Ethernet
Twisted Pair, Fiber
100 Mbps
Star
LocalTalk
Twisted Pair
0.23 Mbps
Linear Bus or Star
Token Ring
Twisted Pair
4 Mbps - 16
Mbps
Star-Wired Ring
FDDI
Fiber
100 Mbps
Dual ring
ATM
Twisted Pair, Fiber
155-2488 Mbps
Linear Bus, Star,
Tree
4. Perangkat keras yang diperlukan
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan
komputer yaitu : Komputer, Card Network, Hub, dan segala sesuatu yang
berhubungan dengan koneksi jaringan seperti: Printer, CDROM, Scanner,
Bridges, Router dan lainnya yang dibutuhkan untuk process transformasi
data didalam jaringan.
1. File Servers
2. Workstations
3. Network Interface Cards
4. Concentrators/Hubs
5. Repeaters
6. Bridges
7. RoutersFile ServersSebuah file server merupakan jantungnya kebayakan Jaringan, merupakan
komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang
memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi
jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data
yang dibutuhkan untuk jaringan.
Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara
node/komponen dalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman file
database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu node, ke node yang
lain, atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas yang
lain....terlihat bahwa tugas file server sangat kompleks, dia juga harus menyimpan
informasi dan membaginya secara cepat. Sehingga minimal sebuah file server
mempunyai beberpa karakter seperti tersebut di bawah ini :
Processor minimal 166 megahertz atau processor yang lebih cepat lagi
(Pentium Pro, Pentium II, PowerPC).
Sebuah Harddisk yang cepat dan berkapasitas besar atau kurang lebih 10
GB
Sebuah RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks).
Sebuah tape untuk back up data (contohnya . DAT, JAZ, Zip, atau CD-
RW )
Mempunyai banyak port network
Kartu jaringan yang cepat dan Reliabilitas
Kurang lebih 32 MB memori
Workstations
Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan
disebut sebagai workstation. Sebuah workstation minimal mempunyai ; Kartu
jaringan, Aplikasi jaringan (sofware jaringan), kabel untuk menghubungkan ke
jaringan, biasanya sebuah workstation tidak begitu membutuhkan Floppy karena
data yang ingin di simpan bisa dan dapat diletakkan di file server. Hampir semua
jenis komputer dapat digunakan sebagai komputer workstation.
Network Interface Cards (NIC) atau Kartu Jaringan
Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media
untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu
inernal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus
yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer
notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot.
Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan
Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini
populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikuti oleh Token Ring, dan LocalTalk, Ethernet Card / Kartu Jaringan EthernetKartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali
seperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan ethernet
didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi
untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel
koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair
maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga
punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted
pair,ataupun dengan kabel fiber optik.
Gambar Kartu Jaringan Ethernet
Dari Atas Ke Bawah :
konektor RJ-45, konektor AUI, dan konektor BNCLocalTalk Connectors/Konektor LocalTalkLocalTalk adalah kartu jaringan buat komputer macintosh, ini
menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port
untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah
kecepatan laju transfer datanya, Ethernet bi Jaringan komputer bukanlah sesuatu
yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk
memperlancar arus informasi di dalam perudahaan tersebut. Internet yang mulai
populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan
jaringan komputer yang terhubungan dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat
terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat,
sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang
tergabung dalam Internet berlipat ganda.asanya dapat sampai 10 Mbps, sedangkan
LocalTalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan
0.23 Mps
Token Ring Cards
Kartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan Kartu jaringan Ethernet.
Satu perbedaannya adalah tipe konektor di belakang KArtu jaringannya, Token
Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung Kartu
jaringan ke Kabel Network.
Hub/Konsentrator
Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel
network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi
Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub.
Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut
nomor port dari card yang dituju.
Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah :
Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45
Digunakan pada topologi Bintang/Star
Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur
manjemen port tersebut.
Biasanya disebut hub
Biasanya di pasang pada rak khusus, yang didalamnya ada Bridges, router
Repeaters
Contoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN menggunakan topologi
Bintang dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair. Dimana diketahui
panjang maksimal untuk sebuah kabel unshileded twisted pair adalah 100 meter,
maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut dipasanglah sebuah repeater
pada jaringan tersebut. Bridges / JembatanAdalah sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua
buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana
kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk
itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap
segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di
sebelahnya pula. Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang
mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar
informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Bridges
juga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan
tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.,.
Routers
Sebuah Router mengartikan informaari dari satu jaringan ke jaringan yang lain,
dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit, router akan mencari
jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat
tujuan dan alamat asal.
Sementara Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di
masing-masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputerr, bridges dan
router lainnya. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana
yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai
sisi tersebut bersih.
Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke
Internet, mereka harus membeli router. Ini berarti sebuah router dapat
menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet. ini juga berarti
mencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati
internet.
Ini berarti Router itu :
Mengatur jalur sinyal secara effisien
Mengatur Pesan diantara dua buah protocol
Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear Bus dan Bintang(star)
Mengatur Pesan diantara melewati Kabel Fiber optic, kabel koaaksialm atau
kabel twisted pair
5. Topologi/Bentuk JaringanTopologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node
atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan. Topologi jaringan
yang umum dipakai adalah : Mess, Bintang (Star), Bus, Tree, dan Cincin
(Ring).
a. Topologi Jaringan Mesh
Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh.
Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah
jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan
jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.
Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam
pengoperasiannya.
b. Topologi Jaringan Bintang (Star)
Dalam topologi jaringan bintang, salah satu sentral dibuat sebagai sentral
pusat. Bila dibandingkan dengan sistem mesh, sistem ini mempunyai
tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana sehingga sistem menjadi
lebih ekonomis, tetapi beban yang dipikul sentral pusat cukup berat.
Dengan demikian kemungkinan tingkat kerusakan atau gangguan dari
sentral ini lebih besar.
c. Topologi Jaringan Bus
Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada
medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. Transmisi sinyal
dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Hal ini
berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan mesh atau
bintang, yang pada kedua sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi
atau interkoneksi antar sentral secara bersamaan.
topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar
sentral, tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer.
d. Topologi Jaringan Pohon (Tree)
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat.
Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan
hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada
lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin
tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan
komputer .
e. Topologi Jaringan Cincin (Ring)
Untuk membentuk jaringan cincin, setiap sentral harus dihubungkan seri
satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup.
Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi
dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. Dengan demikian
kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral.
Keuntungan dari topologi jaringan ini antara lain : tingkat kerumitan
jaringan rendah (sederhana), juga bila ada gangguan atau kerusakan pada
suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam
sistem.
Yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer adalah jaringan
Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini. Hampir di setiap
perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di
dalam perusahaan tersebut. Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu
jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan komputer yang terhubung
dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya
perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa
tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet
berlipat ganda.
Jaringan komputer
1. Pengertian
Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan
peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui
kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat
saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan
bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan
jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan
Lisensi Dokumen:
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan disebarkan
secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau
merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang disertakan dalam setiap dokumen.
Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang, kecuali mendapatkan ijin terlebih dahulu
dari IlmuKomputer.Com.
jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua,
puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node.
Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang
saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi
sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau
memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer
yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel,
saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.
2. Jenis-Jenis jaringan
Ada 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :
a. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif
kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah
perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak
jauh dari sekitar 1 km persegi.
Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di
jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan
perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun
sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-
komputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer
yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut
dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah
dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya
selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media
kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer
lainnya.
b. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan
Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN,
misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan
menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam
lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank
dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota
besar dihubungkan antara satu dengan lainnya.
Misalnya Bank BNI yang ada di seluruh wilayah Ujung Pandang atau
Surabaya.
c. Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar
Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya
biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut
sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia
ataupun yang ada di Negara-negara lain.
Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung
bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya
dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat
kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara
LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi
bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak
berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda
satu diantara yang lainnya.
3. Protokol
Protokol adalah aturan-aturan main yang mengatur komunikasi
diantara beberapa komputer di dalam sebuah jaringan, aturan itu termasuk
di dalamnya petunjuk yang berlaku bagi cara-cara atau metode mengakses
sebuah jaringan, topologi fisik, tipe-tipe kabel dan kecepatan transfer data.
Protokol-Protokol yang dikenal adalah sebagai berikut :
1. Ethernet
2. Local Talk
3. Token Ring
4. FDDI
5. ATM EthernetProtocol Ethernet sejauh ini adalah yang paling banyak digunakan,
Ethernet menggunakan metode akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense
Multiple Access/Collision Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap
komputer memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan
sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas atau bersih komputer
akan mentransmisikan data, jika ada transmisi lain di dalam kabel, komputer akan
menunggu dan akan mencoba kembali transmisi jika jaringan telah bersih.
kadangkala dua buah komputer melakukan transmisi pada saat yang sama, ketika
hal ini terjadi, masing-masing komputer akan mundur dan akan menunggu
kesempatan secara acak untuk mentransmisikan data kembali. metode ini dikenal
dengan koalisi, dan tidak akan berpengaruh pada kecepatan transmisi dari
network.
Protokol Ethernet dapat digunakan untuk pada model jaringan Garis
lurus , Bintang, atau Pohon . Data dapat ditransmisikan melewati kabel twisted
pair, koaksial, ataupun kabel fiber optic pada kecepatan 10 Mbps.
LocalTalkLocalTalk adalah sebuh protokol network yang di kembangkan oleh Apple
Computer, Inc. untuk mesin-mesin komputer Macintosh . Metode yang digunakan
oleh LocalTalk adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision
Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD.. Adapter LocalTalk dan cable
twisted pair khusus dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer
melewati port serial. Sistem Operasi Macintosh memungkinkan koneksi secara
jaringan peer-to-peer tanpa membutuhkan tambahan aplikasi khusus
Protokol LocalTalk dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus ,
Bintang , ataupun model Pohon dengan menggunakan kabel twisted pair .
Kekurangan yang paling mencolok yaitu kecepatan transmisinya. Kecepatan
transmisinya hanya 230 Kbps.Token RingProtokol Token di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980.
Metode Aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti
Cincin . Dalam lingkaran token, komputer-komputer dihubungkan satu dengan
yang lainnya seperti sebuah cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar dalam
sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah
komputer-menuju ke komputer berikutnya, jika pada persinggahan di salah satu
komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya
ke tempat dimana data itu ingin ditujukan, token bergerak terus untuk saling
mengkoneksikan diantara masing-masing komputer.
Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan
menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optic . Dan dapat melakukan
kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Sejalan dengan perkembangan
Ethernet, penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang.FDDIFiber Distributed Data Interface (FDDI) adalah sebuah Protokol jaringan
yang menghubungkan antara dua atau lebih jaringan bahkan pada jarak yang jauh
. Metode aksesnyayang digunakan oleh FDDI adalah model token . FDDI
menggunakan dua buah topologi ring secara fisik. Proses transmisi baiasanya
menggunakan satu buah ring, namun jika ada masalah ditemukan akan secara
otomatis menggunakan ring yang kedua.
Sebuah keuntungan dari FDDI adalah kecepatan dengan menggunakan fiber optic cable pada kecepatan 100 Mbps. ATMATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode (ATM) yaitu
sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau
lebih . ATM mentarnsmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang
lain mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media
seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang
, dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair . ATM pada
umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN . dia juga banyak
dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan
akses Internet untuk klien mereka. Kesimpulan untuk Protokol :Protokol yang di pakai Kabel yang digunakan Kecepatan Transfer Topology Fisik
Ethernet
Twisted Pair, Coaxial,
Fiber
10 Mbps
Linear Bus, Star,
Tree
Fast Ethernet
Twisted Pair, Fiber
100 Mbps
Star
LocalTalk
Twisted Pair
0.23 Mbps
Linear Bus or Star
Token Ring
Twisted Pair
4 Mbps - 16
Mbps
Star-Wired Ring
FDDI
Fiber
100 Mbps
Dual ring
ATM
Twisted Pair, Fiber
155-2488 Mbps
Linear Bus, Star,
Tree
4. Perangkat keras yang diperlukan
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan
komputer yaitu : Komputer, Card Network, Hub, dan segala sesuatu yang
berhubungan dengan koneksi jaringan seperti: Printer, CDROM, Scanner,
Bridges, Router dan lainnya yang dibutuhkan untuk process transformasi
data didalam jaringan.
1. File Servers
2. Workstations
3. Network Interface Cards
4. Concentrators/Hubs
5. Repeaters
6. Bridges
7. RoutersFile ServersSebuah file server merupakan jantungnya kebayakan Jaringan, merupakan
komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang
memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi
jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data
yang dibutuhkan untuk jaringan.
Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara
node/komponen dalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman file
database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu node, ke node yang
lain, atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas yang
lain....terlihat bahwa tugas file server sangat kompleks, dia juga harus menyimpan
informasi dan membaginya secara cepat. Sehingga minimal sebuah file server
mempunyai beberpa karakter seperti tersebut di bawah ini :
Processor minimal 166 megahertz atau processor yang lebih cepat lagi
(Pentium Pro, Pentium II, PowerPC).
Sebuah Harddisk yang cepat dan berkapasitas besar atau kurang lebih 10
GB
Sebuah RAID (Redundant Array of Inexpensive Disks).
Sebuah tape untuk back up data (contohnya . DAT, JAZ, Zip, atau CD-
RW )
Mempunyai banyak port network
Kartu jaringan yang cepat dan Reliabilitas
Kurang lebih 32 MB memori
Workstations
Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan
disebut sebagai workstation. Sebuah workstation minimal mempunyai ; Kartu
jaringan, Aplikasi jaringan (sofware jaringan), kabel untuk menghubungkan ke
jaringan, biasanya sebuah workstation tidak begitu membutuhkan Floppy karena
data yang ingin di simpan bisa dan dapat diletakkan di file server. Hampir semua
jenis komputer dapat digunakan sebagai komputer workstation.
Network Interface Cards (NIC) atau Kartu Jaringan
Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media
untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu
inernal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus
yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer
notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot.
Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan
Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini
populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikuti oleh Token Ring, dan LocalTalk, Ethernet Card / Kartu Jaringan EthernetKartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali
seperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan ethernet
didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi
untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel
koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair
maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga
punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted
pair,ataupun dengan kabel fiber optik.
Gambar Kartu Jaringan Ethernet
Dari Atas Ke Bawah :
konektor RJ-45, konektor AUI, dan konektor BNCLocalTalk Connectors/Konektor LocalTalkLocalTalk adalah kartu jaringan buat komputer macintosh, ini
menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port
untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah
kecepatan laju transfer datanya, Ethernet bi Jaringan komputer bukanlah sesuatu
yang baru saat ini. Hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk
memperlancar arus informasi di dalam perudahaan tersebut. Internet yang mulai
populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan
jaringan komputer yang terhubungan dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat
terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat,
sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang
tergabung dalam Internet berlipat ganda.asanya dapat sampai 10 Mbps, sedangkan
LocalTalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan
0.23 Mps
Token Ring Cards
Kartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan Kartu jaringan Ethernet.
Satu perbedaannya adalah tipe konektor di belakang KArtu jaringannya, Token
Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung Kartu
jaringan ke Kabel Network.
Hub/Konsentrator
Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel
network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi
Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub.
Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut
nomor port dari card yang dituju.
Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah :
Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45
Digunakan pada topologi Bintang/Star
Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur
manjemen port tersebut.
Biasanya disebut hub
Biasanya di pasang pada rak khusus, yang didalamnya ada Bridges, router
Repeaters
Contoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN menggunakan topologi
Bintang dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair. Dimana diketahui
panjang maksimal untuk sebuah kabel unshileded twisted pair adalah 100 meter,
maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut dipasanglah sebuah repeater
pada jaringan tersebut. Bridges / JembatanAdalah sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua
buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana
kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk
itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap
segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di
sebelahnya pula. Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang
mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar
informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Bridges
juga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan
tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula.,.
Routers
Sebuah Router mengartikan informaari dari satu jaringan ke jaringan yang lain,
dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit, router akan mencari
jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat
tujuan dan alamat asal.
Sementara Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di
masing-masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputerr, bridges dan
router lainnya. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana
yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai
sisi tersebut bersih.
Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke
Internet, mereka harus membeli router. Ini berarti sebuah router dapat
menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet. ini juga berarti
mencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati
internet.
Ini berarti Router itu :
Mengatur jalur sinyal secara effisien
Mengatur Pesan diantara dua buah protocol
Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear Bus dan Bintang(star)
Mengatur Pesan diantara melewati Kabel Fiber optic, kabel koaaksialm atau
kabel twisted pair
5. Topologi/Bentuk JaringanTopologi suatu jaringan didasarkan pada cara penghubung sejumlah node
atau sentral dalam membentuk suatu sistem jaringan. Topologi jaringan
yang umum dipakai adalah : Mess, Bintang (Star), Bus, Tree, dan Cincin
(Ring).
a. Topologi Jaringan Mesh
Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh.
Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah
jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan
jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.
Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam
pengoperasiannya.
b. Topologi Jaringan Bintang (Star)
Dalam topologi jaringan bintang, salah satu sentral dibuat sebagai sentral
pusat. Bila dibandingkan dengan sistem mesh, sistem ini mempunyai
tingkat kerumitan jaringan yang lebih sederhana sehingga sistem menjadi
lebih ekonomis, tetapi beban yang dipikul sentral pusat cukup berat.
Dengan demikian kemungkinan tingkat kerusakan atau gangguan dari
sentral ini lebih besar.
c. Topologi Jaringan Bus
Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada
medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus. Transmisi sinyal
dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Hal ini
berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan mesh atau
bintang, yang pada kedua sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi
atau interkoneksi antar sentral secara bersamaan.
topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar
sentral, tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer.
d. Topologi Jaringan Pohon (Tree)
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat.
Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan
hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada
lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin
tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan
komputer .
e. Topologi Jaringan Cincin (Ring)
Untuk membentuk jaringan cincin, setiap sentral harus dihubungkan seri
satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup.
Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi
dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. Dengan demikian
kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral.
Keuntungan dari topologi jaringan ini antara lain : tingkat kerumitan
jaringan rendah (sederhana), juga bila ada gangguan atau kerusakan pada
suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam
sistem.
Yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer adalah jaringan
http://www.nusareborn.in
Valencia vs Madrid
Sambut Kekalahan Barca, Madrid 'Ngamuk' di Mestalla
Senin, 21 Januari 2013 04:55 wib
Dua bintang kemenangan El Real (foto:Reuters)
VALENCIA – Seperti merespon kekalahan Barcelona atas Real Sociedad sehari sebelumnya, Real Madrid ngamuk saat bermain di Mestalla, markas Valencia. Dengan tega, tuan rumah mereka bantai dengan skor 5-0.
Valencia yang menjamu Madrid, memasang Roberto Soldado di barisan terdepan dengan mendapat dukungan dari Pablo Piatti dan Jonas. Sementara Madrid, tampil full team, di mana Gonzalo Higuain dipasang sebagai striker tunggal, kemudian Cristiano Ronaldo, Sami Khedira, Angel Di Maria, serta Mesut Ozil.
Babak Pertama:
Pada jalannya pertandingan, sebagai tuan rumah Valencia bermain lebih mendominasi dibandingkan El Real. Namun berbagai serangan yang dilakukan Los Che, belum bisa menembus pertahanan Madrid yang tampil tanpa Sergio Ramos.
Justru, pada menit kesembilan Madrid unggul 1-0, ketika serangan balik dari sektor kiri El Real dan Angel Di Maria memberikan umpan tarik ke arah Gonzalo Higuain yang berdiri bebas di dalam kotak penalti Valencia. Higuain pun dengan dingin membobol gawang tuan rumah.
Valencia terus melakukan serangan ke jantung pertahanan Los Blancos, namun penyelesaian akhir yang kurang tenang, membuat gol balasan urung terjadi.
Setengah jam pertandingan beranjak, Madrid tampil lebih efektif. Serangan balik mereka terus menciptakan hasil. Hal itu terbukti dengan terciptanya gol kedua bagi El Real yang dicetak oleh Di Maria. Winger kelahiran Argentina itu, berhasil memanfaatkan umpan matang dari Ronaldo, Skor 2-0 untuk tim tamu.
Tidak lama berselang, Madrid berhasil memperbesar keunggulan, kali ini Ronaldo sendiri yang mencetak gol pada menit ke-36. Runner up Ballon d’Or sebanyak tiga kali ini melakukan gocekan terlebih dahulu sebelum melepaskan bola ke gawang Diego Alves. Skor 3-0 untuk Madrid.
Lima menit menjelang babak pertama berakhir, Madrid menambah dua gol lagi. Tepatnya pada menit ke-41, Ronaldo kembali mencetak gol untuk memperbesar keunggulan El Real menjadi 4-0 atas Valencia. Sedangkan satu gol lagi dicetak oleh Di Maria pada menit ke-45, usai memanfaatkan umpan Ozil. Skor 5-0 untuk tim tamu, bertahan hingga pertandingan paruh pertama berakhir.
Babak Kedua:
Memasuki paruh kedua, Valencia yang sudah ditinggalkan sebagian suporternya mencoba bangkit untuk menciptakan gol. Namun upaya tendangan dari luar kotak penalti yang dilepaskan oleh Costa, masih melebar jauh.
Valencia bermain pantang menyerah, meski keadaan skor tertinggal jauh dari Real Madrid, mereka tidak berhenti mengejar gol dan tetap menampilkan permainan yang bergairah, setidaknya untuk memperkecil keadaan.
Sementara itu meski sudah unggul lima gol, tak membuat serangan Madrid mengendur, menit ke-70 Ronaldo menyambut umpan terobosan, namun di kotak terlarang dia dijatuhkan Rami. Pemain internasional Portugal sempat meminta penalti pada wasit. Namun, tidak diberi oleh sang wasit.
Sepuluh menit pertandingan berakhir, gol tak kunjung datang bagi kedua kubu. Bahkan hingga laga berakhir skor 5-0 tetap menjadi milik Los Blancos.
Kemenangan ini membuat El Real menambah koleksi menjadi 40 poin dan bertengger di posisi ketiga. Madrid kini tertinggal 15 poin dari pimpinan klasemen sementara, Barcelona yang masih memiliki 55 poin. Sementara bagi Valencia, posisi mereka masih di peringkat ketujuh dengan mengoleksi 30 poin.
Susunan pemain:
VALENCIA: 1 Diego Alves, 20. Ricardo Costa , 4. A. Rami, 18. Víctor Ruíz, 17. A. Guardado, 5. F. Gago (Berragan 46’), 10. É. Banega, 24. A. Costa, 9. Soldado (Valdez 65’), 7. Jonas, 11. P. Piatti (Bernat 73’)
MADRID: 1. Casillas, 18. Albiol, 17. Arbeloa, 5. Fábio Coentrão, 2. R. Varane, 14. Xabi Alonso (Essien 58’), 10. M. Özil (Modric 67’), 6. S. Khedira (Callejon 21’), 22. A. di María, 7. Cristiano Ronaldo, 20. G. Higuaín
(fir)
Valencia yang menjamu Madrid, memasang Roberto Soldado di barisan terdepan dengan mendapat dukungan dari Pablo Piatti dan Jonas. Sementara Madrid, tampil full team, di mana Gonzalo Higuain dipasang sebagai striker tunggal, kemudian Cristiano Ronaldo, Sami Khedira, Angel Di Maria, serta Mesut Ozil.
Babak Pertama:
Pada jalannya pertandingan, sebagai tuan rumah Valencia bermain lebih mendominasi dibandingkan El Real. Namun berbagai serangan yang dilakukan Los Che, belum bisa menembus pertahanan Madrid yang tampil tanpa Sergio Ramos.
Justru, pada menit kesembilan Madrid unggul 1-0, ketika serangan balik dari sektor kiri El Real dan Angel Di Maria memberikan umpan tarik ke arah Gonzalo Higuain yang berdiri bebas di dalam kotak penalti Valencia. Higuain pun dengan dingin membobol gawang tuan rumah.
Valencia terus melakukan serangan ke jantung pertahanan Los Blancos, namun penyelesaian akhir yang kurang tenang, membuat gol balasan urung terjadi.
Setengah jam pertandingan beranjak, Madrid tampil lebih efektif. Serangan balik mereka terus menciptakan hasil. Hal itu terbukti dengan terciptanya gol kedua bagi El Real yang dicetak oleh Di Maria. Winger kelahiran Argentina itu, berhasil memanfaatkan umpan matang dari Ronaldo, Skor 2-0 untuk tim tamu.
Tidak lama berselang, Madrid berhasil memperbesar keunggulan, kali ini Ronaldo sendiri yang mencetak gol pada menit ke-36. Runner up Ballon d’Or sebanyak tiga kali ini melakukan gocekan terlebih dahulu sebelum melepaskan bola ke gawang Diego Alves. Skor 3-0 untuk Madrid.
Lima menit menjelang babak pertama berakhir, Madrid menambah dua gol lagi. Tepatnya pada menit ke-41, Ronaldo kembali mencetak gol untuk memperbesar keunggulan El Real menjadi 4-0 atas Valencia. Sedangkan satu gol lagi dicetak oleh Di Maria pada menit ke-45, usai memanfaatkan umpan Ozil. Skor 5-0 untuk tim tamu, bertahan hingga pertandingan paruh pertama berakhir.
Babak Kedua:
Memasuki paruh kedua, Valencia yang sudah ditinggalkan sebagian suporternya mencoba bangkit untuk menciptakan gol. Namun upaya tendangan dari luar kotak penalti yang dilepaskan oleh Costa, masih melebar jauh.
Valencia bermain pantang menyerah, meski keadaan skor tertinggal jauh dari Real Madrid, mereka tidak berhenti mengejar gol dan tetap menampilkan permainan yang bergairah, setidaknya untuk memperkecil keadaan.
Sementara itu meski sudah unggul lima gol, tak membuat serangan Madrid mengendur, menit ke-70 Ronaldo menyambut umpan terobosan, namun di kotak terlarang dia dijatuhkan Rami. Pemain internasional Portugal sempat meminta penalti pada wasit. Namun, tidak diberi oleh sang wasit.
Sepuluh menit pertandingan berakhir, gol tak kunjung datang bagi kedua kubu. Bahkan hingga laga berakhir skor 5-0 tetap menjadi milik Los Blancos.
Kemenangan ini membuat El Real menambah koleksi menjadi 40 poin dan bertengger di posisi ketiga. Madrid kini tertinggal 15 poin dari pimpinan klasemen sementara, Barcelona yang masih memiliki 55 poin. Sementara bagi Valencia, posisi mereka masih di peringkat ketujuh dengan mengoleksi 30 poin.
Susunan pemain:
VALENCIA: 1 Diego Alves, 20. Ricardo Costa , 4. A. Rami, 18. Víctor Ruíz, 17. A. Guardado, 5. F. Gago (Berragan 46’), 10. É. Banega, 24. A. Costa, 9. Soldado (Valdez 65’), 7. Jonas, 11. P. Piatti (Bernat 73’)
MADRID: 1. Casillas, 18. Albiol, 17. Arbeloa, 5. Fábio Coentrão, 2. R. Varane, 14. Xabi Alonso (Essien 58’), 10. M. Özil (Modric 67’), 6. S. Khedira (Callejon 21’), 22. A. di María, 7. Cristiano Ronaldo, 20. G. Higuaín
(fir)
http://bola.okezone.com
Membuat Teks Animasi di After Effect
Teks berupa animasi umumnya digunakan pada introduksi atau opening title juga sub title di dalam sebuah video. Salah satu fungsinya untuk mendeskripsikan atau mempresentasikan sebagian atau keseluruhan dari video yang ditayangkan, selain juga tentunya untuk mempercantik.
Walaupun ini termasuk tutorial Animasi dasar dari After Effect, tapi tidak akan terlalu jauh untuk menjelaskan fungsi-fungsi tools beserta cara penggunaan secara mendetail, karena hal itu sudah dibahas di sini
Sebelum memulai, sediakan segelas kopi panas dengan diiringi lantunan musik jika memang diperlukan untuk merilekskan suasana :)
Ok, langsung saja saya mencoba berbagi Langkah - Langkah praktisnya dalam membuat Teks Animasi di Adobe After Effect
1. Buka Program / Aplikasi After Effectnya di Laptop atau PC anda, bro.
2. Lalu buat composition baru, dengan mengklik icon “New Composition” seperti terlihat pada gambar di bawah :
3. Untuk memudahkan dalam pengingatan nantinya, Anda bisa mengganti “Composition Name” dengan nama sesuai proyek.
4. Jika Anda kesulitan menempatkan keserasian dan keseimbangan teks, Anda bisa menggunakan Title / Action Safe sebagai alat bantunya, seperti terlihat pada gambar di bawah :
5. Setelah itu, klik Teks Tool, dan tuliskan teks yang diinginkan, atur juga seperti tipe teks yang dipakai dan ukuran huruf beserta perpaduan warnanya.
Sebagai contoh, di sini saya menggunakan teks “ILMUGRAFIS.COM SEMOGA BERMANFAAT”
Silakan buat tulisan / teks sesuai yang Anda mau, jangan terpatok dengan yang ada di tutorial
6. Setelah hal itu dilakukan, tibalah kita pada bagian membuat efek animasinya yaitu dengan menggunakan fasilitas “Effects dan Presents” yang berada di Pallete (sebelah kanan), kemudian pada bagian Contain ketik “decorder”
Nanti akan muncul “Decorder Fade In.” Silakan drag “Decorder Fade In” ke kiri menuju ke bagian layer text, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
7. Setelah itu, bisa langsung dilihat (direview) hasilnya dengan mengklik tombol “Play” Pada Time Controls, atau juga menggeser indicator di bagian timeline ke kanan.
8. Langkah terakhir, setelah yakin dengan hasil karya Anda, maka sekarang kita sampai ke tahap me-render (finishing), caranya dengan klik Composition > Make Movie… yang berada di Tool Bar lalu klik“Render”
9. Tunggu sampai proses render selesai, sambil menunggu, kopinya disruput lagi gan sebelum keburu dingin :)
http://www.ilmugrafis.com
Pengertian Adobe After Effects
Adobe After Effects adalah produk piranti lunak yang dikembangkan oleh Adobe, digunakan untuk film dan pos produksi pada video. pada awalnya merupakan sebuah software produk dari Macromedia yang sekarang sudah menjadi salah satu produk Adobe.
Adobe After Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam – macam software Design yang telah ada, Adobe After Effects menjadi salah satu software Design yang handal. Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk mengubah dan menganimasikan obyek. Disamping itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.
Adobe After Effects memiliki fitur – fitur penting, misalnya Adobe After Effects memiliki alat untuk membuat Shape ( seperti yang terdapat pada Adobe Photoshop ). Pada Adobe After Effects terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe Flash ( cara menganimasikannya juga hampir sama ). Terdapat juga Expression yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi yang lain.
http://gunturmultimedia.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar